Kamis, Januari 15, 2015

cara install codeigniter

Cara install codeigniter sebenarnya kurang bijaksana dalam memberi judul di artiker ini, karena situasi dilapangan artiker cara install codeigniter ini paling sering dicari maka saya memang benar-benar memberikan judulnya seperti itu karena menyangkut SEO, selain itu sebenarnya CodeIgniter itu tidak diinstall, melainkan hanya di Exstract saja. saya buat ini agar terlihat lebih keren, maka saya menggunakan istilah itu.  :lol: Oke … !! selesai basa-basinya.


Owh IAH sebelumnya. cara install codeigniter itu sendiri, ada harus memiliki web dan database, Anda dapat dengan mudah dan cepat menggunakan XAMPP tapi, maaf untuk pemahaman dan cara menginstal XAMPP bahwa saya tidak menjelaskan di sini, yah?


Lanjut pada artikel Cara install codeigniter ini, cpu/server kita telah dinstall XAMPP, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memuat kerangka CodeIgniter itu sendiri.


Untuk versi terbaru dari CodeIgniter di artikel Cara install codeigniter ini Anda dapat men-download disini http://www.codeigniter.com


Cara install codeigniter

Cara install codeigniter


Setelah men-download, file hasil download itu akan seperti ini CodeIgniter-2.2-stable.zip


Files & Folder Codeigniter.


setelah Anda ekstrak di folder htdocs (“driver temen2 install /xampp /htdocs”). Menurut hasil CodeIgniter-2.2-stable.zip


buatlah folder “belajar-codeigniter” di dalam folder htdocs, lalu Files & Folder codeigniter tersebut  semua ini dicopy pada folder “belajar-codeigniter”.


dan kemudian setelah proses diatas selesai, tinggal melihat hasil dari framework CodeIgniter itu sendiri. untuk hasil silahkan memasukkan URL “localhost/belajar-codeigniter” silahkan lihat pada gambar dibawah ini.
belajar-codeigniter


Sekian pada artikel Cara install codeigniter ini, nanti akan saya lanjutkan materi berikutnya mudah menggunakan codeigniter, berikut artikel Cara install codeigniter yang sering di pertanyakan orang.


Tny. mas saya pernah baca katanya kelebihan CI ini sudah didukung dengan MVC, namun mas katakan (M) model tidak ada? bisa dijelaskan sedikit mungkin mas?


Jwb. Kalau Anda membuat aplikasi tanpa database, mungkin Model (M) tidak tiada alias tidak dipakai, tapi kalau Anda menggunakan database, maka model sebaiknya dipakai. Walaupun secara teknis penulisan query bisa di Controller (C), tetapi akan menyalahi standar MVC.


Tny. Pak, kalo boleh saya tanya, Saya buat login form di php dengan codeigniter, tapi kenapa ya setiap di submit ‘lari’nya ke localhost terus ya…


Jwb. Coba lihat di “form action=” pastikan arah atau lompatnya kemana, gunakan base_url() atau site_url() agar ga lari kemana-mana. Atau mungkin bisa jadi di setting config.php nya



cara install codeigniter

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Komentar Anda
U Comment ... I Follow
Berikan komentar anda dalam bentuk Saran/Kritik.
Sedikit atau banyak komentar anda, Penulis akan Following ke URL anda.
Lengkapi URL/identitas anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More