Senin, Mei 18, 2009

Cara Membuat Tekwan dan Model Palembang

Model
BAHAN MODEL :

½ resep adonan dasar
4 tahu putih kwalitas baik dipotong 2 diagonal.
Minyak untuk menumis dan menggoreng

BAHAN KUAH :

1250 ml air

1 batang bawang daun, simpulkan

2 cm jahe

1 batang daun seledri, simpulkan

150 g udang kupas, rebus, haluskan

¼ sdt gula pasir
Garam secukupnya

1 blok kaldu instan
4 buah kepala udang besar di pecahkan buang kulitnya

BAHAN BUMBU DIHALUSKAN :

6 siung bawang putih 1 ½ sdt tongcai
1 sdt lada butir 1 sdm ebi

BAHAN PELENGKAP :

Mentimun cacah

Sambal cabai rawit
1 batang bawang daun, iris halus

Kecap asin dan cuka putih
1 batang seledri, iris halus

CARA MEMBUAT :
Model Tahu :
  • Bentuk adonan seperti bola Tenis dan pipihkan.
  • Bungkus tahu dengan adonan dasar tadi.
  • Goreng dalam minyak panas.
  • Angkat dan tiriskan.
Bumbu :
  • Tumis bumbu yg sudah dihaluskan.
  • Masukkan udang.
  • Aduk hingga anyir udang hilang.
Kuah Model :
  • Didihkan air, masukkan pecahan kepala udang dan kaldu instan.
  • Masukkan jahe, daun bawang dan saledri.
  • Masukkan garam, gula, cicip rasanya.
  • Masukkan Model sebentar sampai lunak. Dan angkat, tiriskan.
CARA MENYAJIKAN :
  • Potong kasar model tahu, letakkan di mangkuk saji.
  • Tambahkan soun.
  • Tuang kuah model .
  • Taburi bawang goreng, irisan saledri dan timun cincang.
  • Sajikan.
  • Jika rasa asin kurang tambahkan kecap asin.
  • Jika ada kurang asam, tetes sedikit cuka putih.
  • Untuk rasa pedas, beri sambal cabai rawit.

Tekwan
Bahan Tekwan :

1 resep adonan dasar pempek

2 butir putih telur

Bahan Kuah Kaldu :

Kepala udang dikupas dan di gepuk jangan hancur

1250 ml air

1 blok kaldu instan

2 cm jahe

1 batang bawang daun, simpulkan (ikatkan)
1 batang daun seledri, simpulkan

Garam secukupnya
¼ sdt gula pasir

Bahan Tumisan :

150 g udang kupas pisahkan kepalanya, rebus, haluskan (kepala udang jangan dibuang, karena untuk bahan kaldu)

200 g bengkoang, potong ukuran korek api

20 batang sedap malam, seduh air panas hingga mengembang, buang benang sarinya, simpulkan
10 buah jamur kuping kering, seduh air panas, iris kasar

Bahan Bumbu yg dihaluskan :



6 siung bawang putih 1 sendok makan ebi
1 sendok the lada butir Minyak untuk menumis
1 ½ sendok the tong cai

CARA MEMBUAT
Tekwannya :
  1. Campur adonan dasar pempek dengan putih telur. Aduk rata.
  2. Didihkan air sampai matang.
  3. Bentuk adonan menjadi bola-bola tekwan dengan sendok, atau dicubit.
  4. Cemplungkan bola-bola tekwan ke dalam panci dimana airnya sedang mendidih tadi.
  5. Rebus sampai bola-bola tekwan tadi timbul tanda sudah matang. Angkat tekwan dan tiriskan.
CARA MEMASAK :
1. Kuahnya kaldu :
  • Didihkan air dan kaldu instant.
  • Masukkan kepala udang gepuk dengan jahe, daun bawang dan daun seledri, garam, gula, cicip rasanya.
2. Tumisan :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dengan minyak.
  • Masukkan udang. Aduk hingga amisnya hilang.
  • Tambahkan bengkoang, sedap malam dan jamur kuping. Aduk rata.
3. Campurkan :
  • Masukkan tumisan ke dalam rebusan kuah kaldu.
  • Cemplungkan tekwan ke dalamnya. Masak sebentar.
CARA MENYAJIKAN :
  1. Siapkan mangkuk saji.
  2. Masukkan tekwan beserta kuahnya ke mangkuk menggunakan centong.
  3. Masukkan soun, daun bawang, bawang goreng dan seledri.
  4. Sajikan dengan sambal cabai rawit.
  5. Cicip, jika kurang asin beri kecap asin sedikit.
  6. Jika kurang asam, beri cuka putih sedikit.

7 komentar:

waaa ngebayanginnya aja kayaknya enak banget. jadi pengen.

wah enak tu dmakan pas ujan.ujan kyk gini...

wah wah jadi pengen bikin ii pasti enak rasanya :q

te lapau nginak nye

nanti saya coba ya.... :)

Poskan Komentar

Bagaimana Komentar Anda
U Comment ... I Follow
Berikan komentar anda dalam bentuk Saran/Kritik.
Sedikit atau banyak komentar anda, Penulis akan Following ke URL anda.
Lengkapi URL/identitas anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More