Senin, Juni 29, 2009

Daftar Nama Tempat Liburan & Petualang Petualangan Menarik

Berikut ini adalah daftar nama tempat liburan yang paling seru untuk sekeluarga. Anak-anak anda akan mengalami petualang-petualangan menarik!

1. Taman Mini Indonesia Indah
Kawasan wisata budaya yang menampilkan miniatur Indonesia.

2. Taman Impian Jaya Ancol
wahana rekreasi, di sini tersedia banyak lokasi oke buat dikunjungi antara laen:dufan, gelanggang samudra (yang ini cocok untuk anak usia 3 th ke atas), sea world, atlantis, pasar seni,gondola, hailai & pantai ancol.

3. The Jungle Water Adventure
The Jungle Water Adventure adalah tempat rekreasi tujuan wisata keluarga serta sebagai obyek wisata edukasi.terletak di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence yang lokasinya di jl. Pahlawan/jl. Dreded (setelah makam pahlawan dreded) dekat SMA 4 Bogor.
hari libur Rp 50.000/orang
hari biasa Rp 30.00/orang

4. Taman Buah Mekarsari.
Anak bisa belajar jadi patani, malah bisa menuai, memakan, serta membawa pulang hasilnya.
Biaya Rp. 100.000 per anak.
Alamat: Jl. Raya Cileungsi-Jonggol Km.3, Cileungsi, Bogor 16820. Telp.(021)823 1811-13

5. Kebun Wisata Pasir Mukti.
Lokasi sekitar 45 menit dari Jakarta, bentuknya agriwisata dimana kita bisa memetik buah, belajar menanam macam-macam, memancing, main Lumpur, memetik buah, api unggun, poco-poco dan menginap di guesthouse/ cottage.
Saat ini Pasir Mukti memiliki dua paket wisata buat anak:

* Anak Tani
Progam wisata yang bertujuan mengenalkan cara bertani kepada anak.
Para peserta yang mengikuti paket ini akan menginap di cottage.
Beberapa aktivitas yang bisa diikuti antara lain program menanam bibit sayur atau memetik buah. Anak pun bisa mengikuti program memancing di kolam besar dengan aneka ikan air tawar.
Yang tak kalah mengasyikkan, anak juga bisa main lumpur sepuasnya dan melukis layangan. Selama 2 hari mengikuti paket ini, setiap anak akan dikenakan biaya Rp 300.000.

* Agro Adventure
Paket ini sebetulnya hampir serupa dengan paket Anak Tani. Bedanya, peserta paket ini akan menginap di tenda. Mereka akan dilibatkan pada beragam aktivitas agrowisata seperti bagaimana caranya menanam dan memanen padi. Mereka juga bisa mengikuti aktivitas off-road atau berkeliling kebun menggunakan truk terbuka. Malam harinya mereka bisa
mengikuti aneka permainan di sekitar api unggun.
Biaya untuk paket yang berlangsung selama 2 hari ini adalah Rp 200.000 per anak. Biaya Rp 250.000/person untuk menginap, termasuk breakfast, lunch dan dinner.

Informasi lebih lanjut, hubungi Bagian Reservasi di Jl. Raya Tajur Pasirmukti Km. 4; Citeureup, Bogor; Tlp. (021) 879 43864-65; 7398808; Fax (021) 876 3566.


6. Citarik One Stop Adventure.
Lokasi di citarik, Lokasi Adventure milik pasangan Lody Korua dan Amalia yunita yang pencinta alam ini memiliki berbagai kegiatan seru dan menarik, diantaranya: adventure rafting trip, terus ada cottage yang seru-seru (misalnya dibuat dari tenda atau kayu-kayu/tradisional cottage, pokoknya seperti camping deh),terus ada BBQ, family trecking trip, paintball, adventure offroad trip terus ada lokasi outdoor experiential education untuk anak-anak yang aman dan seru.
pokoknya lokasi ini seru banget terutama untuk anak-anak cowok yang sudah SD ke atas!!!! berlokasi di Citarik, paket ini menawarkan outing for kids, yaitu kegiatan outbound khusus anak-anak. Daya tariknya juga terletak pada kegiatan arung jeram menyusuri aliran sungai Citarik. Malam hari, peserta akan menikmati nyamannya tidur di cottage tradisional. Kisaran biayanya antara Rp 44.000 sampai Rp 350.000, tergantung pada kegiatan yang dipilih dan lamanya kegiatan berlangsung.

Informasi lebih lanjut hubungi PT Lintas Jeram Nusantara, Graha Macula, Ground Floor, Jl. K.H. Abdullah Syafi'ie No. 5 (d/h: Jl. Lapangan Rose Raya), Jakarta 12840; Tlp. (021) 835 5885, 925 9230, HP 0811 103397; Fax (021) 831 4834.

7. Tanah Tinggal.
Tempat rekreasi keluarga, anak dan agrowisata dengan fasilitas kolam renang, restauran (menunya pasundan euy, bisa dipesan dan jadi kegiatan andalan di sini soalnya katanya enak pisan) pondok seni, taman bermain dengan permainan tradisional, kebun pembibitan, peternakan, jalur sepeda, tempat berkemah, pondok menginap serta rumah pohon untuk anak 5 - 15 thn dengan paket sesuai permintaan.
Tanah Tinggal yang memfasilitasi acara outing bagi anak-anak. berlibur sehari. Acara yang berlangsung dari pukul 09.30 sampai 15.30 itu menghabiskan biaya Rp 150.000 per satu anak.
Di tempat ini anak-anak bisa menikmati berbagai aktivitas alam. Salah satunya adalah aktivitas bermain di danau yang memungkinkan mereka mandi dan main perahu sepuasnya.
Sementara di pagi dan sore hari mereka bisa mengintip kehidupan burung dalam kegiatan Bird Watching. Tentu disertai penjelasan mengenai asal-usul burung yang ada dari para pendamping. Jika mau, peserta bisa belajar memainkan gamelan dan belajar aneka tari daerah. Biaya untuk mengikuti paket ini amat bervariasi, tergantung dari berapa banyak kegiatan yang diikuti. Untuk informasi lebih lanjut hubungi penyelenggara Reservation: di Jl. Merpati Raya No. 32B, Desa Sawah Baru, Jombang, Ciputat 15400, Tangerang; Tlp. (021) 743 3131, 790 9454, 741 2912.

8. Agro Wisata Tanaman Obat.
Terletak di desa Karyasari, Leuwlliang,Bogor, di sini ada 420 jenis tanaman obat, disana bisa sambil wisata boga,makan makanan sunda!
Biaya Rp 75.000,- plus pemandu penjelasan keliling kebun. Jl. Raya Karacak-Cianten KM 10, Desa Karyasari, Leuwiliang, Bogor, telp. 0251-42872438

9. Program Pulang Kampung desa Cinangneng.
Letak 1 km dari kampus IPB, Dermaga Jl. Babakan Kemang RT1, RW2, Cihideung, Kec. Ciampea, Bogor. Untuk weekend sama keluarga bisa nyewa 1 vila untuk 2 orang Rp 300.000, atau satu bungalow dengan dua kamar, @ Rp 275.000,- termasuk makan 3 kali, sama tour de desa. Tapi yang seru kalau group, min. 20 orang @ Rp 215.000,- Itu termasuk
makan 3 kali plus snack 2 kali plus tour de desa, belajar bercocok tanam, belajar main gamelan dan tari sunda, belajar membuat permainan anak desa, memandikan kerbau, main di sungai, malam: ronda desa sambil di jamu di rumah penduduk, api unggun dan makan jagung bakar... seru enggak tuuuuuuh!!!!!
Lokasi wisata di Cinangneng ini memiliki program unggulan. Pertama adalah program pulang kampung yang bertujuan mengenalkan anak pada kehidupan warga desa. Di antaranya membajak sawah sambil makan siang di saung. Mereka juga bisa melihat secara langsung perjalanan beras sejak ditanam, dipanen, digiling, hingga dimasak menjadi nasi. Jika berminat, anak-anak akan dilibatkan dalam tim ronda kampung.
Jika ingin melihat kegiatan belajar teman-teman seusianya, mereka juga bisa mengikuti kegiatan belajar di SD yang terletak di desa tersebut.
Program ini minimal diikuti 20 peserta dengan biaya Rp 250.000 per orang selama 2 hari satu malam. Informasi lebih lanjut hubungi penyelenggara di (021) 765 7217 atau (021) 766 2573; dan (0251) 621 895.

10. Doctor Rabbit Science & adventures Preschool.
Dengan mengikuti paket wisata Doctor Rabbit, peserta tidak hanya dapat mengikuti aktivitas alam terbuka seperti berkemah, tapi juga aktivitas lain yang sangat bermanfaat. Salah satunya aktivitas yang memungkinkan anak bebas bereksperimen dengan lingkungan sekitarnya.
Misalnya mencari reaksi dari campuran aneka bahan kimia atau campuran aneka bumbu dapur. Kadang kalau liburan tempat ini menyediakan camping untuk anak-anak dimana anak bisa bermain di alam terbuka sambil bereksperimen science
sederhana. Kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah mencari harta karun berbekal panduan peta dari panitia. Ada juga berbagai permainan aktif secara berkelompok dengan teman-teman. Program yang berlangsung selama 2 hari ini diadakan setahun sekali, yakni di bulan Juni. Biaya yang dikenakan sekitar Rp 150.000 per anak (bisa berubah).
Untuk biaya dan pemesanan, hubungi Doctor Rabbit di Jl. Taman Sari I No. 77, Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan; Tlp. (021) 750 8371 dan 769 4786.

11. Kidzania
KIDZANIA dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling kota. sebuah pusat rekreasi berkonsep EDUTAINMENT yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

berlokasi di Pacific Place Shopping Mall lt 6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta 12190.

12. Peekaboo.
Belajar renang, tennis dan taekwondo.
Apartemen Taman Rasuna, Kuningan Tower 7 Lower Ground. Jl. H.R.Rasuna Said, Jakarta

13. Tempat Keramik Widjayanto
Jl. Curug Agung No. 1, Tana Baru (Dekat Depok Mulya III).
Ph. 737685/86.
Di sini juga ada restoran dengan makanan buatan si mbok yang sedap banget, dan anak-anak juga belajar bikin keramik, sementara si ibu-ibu bisa window shopping!!

14. LITTLE FARMERS
Tempat wisata yang berlokasi di kaki Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki fasilitas lengkap untuk bermain dan berwisata. Di atas lahannya yang seluas 28 hektar terhampar aneka pohon buah-buahan dan sayuran, seperti wortel, selada, lobak, tomat, stroberi, anggrek dan arbei. Anak juga bisa mengenal aneka hewan ternak, di antaranya sapi, kelinci, dan hamster. Bukan cuma itu. Di tempat ini peserta juga bisa menikmati aktivitas yang lebih menantang seperti Flying Fox yang memungkinkan anak bergayut seperti Tarzan dari satu pohon ke pohon lainnya menggunakan tali. Pilihan lain adalah aktivitas menyusuri sungai, melintasi jembatan goyang, atau Spider Web dimna anak bisa merambat ke tempat yang lebih tinggi, maupun menikmati indahnya pemandangan sambil
berkuda. Biaya untuk bisa menikmati aneka fasilitas di sini sangat bervariasi tergantung dari banyaknya peserta dan lamanya mengikuti kegiatan. Untuk kegiatan berkebun yang makan waktu setengah hari, setiap peserta dipungut biaya sebesar RP 45.000 dengan peserta minimal 50 orang. Keterangan rinci hubungi Little Farmer di Jl. Kolonel Masturi
339, Cisarua, Cimahi; HP 0812 2498955 dan 0812 2312926.


15. Taman Bacaan Anak
Biaya pendaftaran Rp 25.000 per anak untuk 3 bulan. Maksimal
peminjaman 3buku. Buka dari Senin-Minggu jam 10.00 - 20.00.
Alamat: Mal Ciputra Lt. Lower Ground, JI. Arteri S. Parman Grogol,Jakarta. Telp. (021) 566 2121.


16. Perpustakaan Titania
Alamat: Bukit Vila Cimanggu, JI. Raya Baru No. 1 Bogor.
Telp. (0251) 502 367.

17. Rumah lima Painting
yang terletak di Jl. Iskandarsyah Raya 97 Jak Sel, membuka kelas untuk Painting Class for Kids (4-12 years old, crayon class), biaya 400 ribu untuk 9 session. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi dengan RINI di 722 3121 atau 7042 7060 atau 0858 858 58 555


18. Sekolah alam Dick Doank di BSD

19. Sekolah Alam Jakarta
Ciganjur, Jl. Anda 7x, Ciganjur, Jakarta Selatan, Tlp. 021-78881659

20. Chezlely Culinary School
Salah satu tempat yang menyediakan fasilitas memasak liburan bertempat di Chezlely Culinary School. Sekolah kuliner yang berlokasi di Lebak Bulus – Jakarta Selatan ini, sejak tahun 2005 lalu telah dibuka untuk siapa saja yang ingin terlibat di dunia kuliner. Lely Purnama Simatupang adalah pendiri dan pemilik Chezlely Culinary School,

21. Karavan Vila Apel Gardena.
Liburan bersama keluarga di alam pegunungan sekaligus bermalam di karavan. Tersedia aneka fasilitas untuk orang dewasa juga anak-anak. Harga sewa per malam Rp. 200 ribu. Untuk hari libur/raya Rp 250.000.
Alamat: Vila Apel Gardena Cipanas, Puncak.
Telp. (0263) 511 901-3, 519 856. Fax. (0263) 511 953.


22. Caldera Ed Venture Program (CEVP)
Caldera saat ini menyediakan dua paket wisata khusus buat anak, yakni:
* Paket Summer Camp
Paket yang berlokasi di perumahan Alam Sutera, Serpong Tangerang ini akan mengajari anak-anak memasang tenda yang dilanjutkan dengan berbagai lomba dan permainan. Bagi yang menyenangi aktivitas menantang bisa memilih aktivitas menapaki tambang dan memanjat pohon. Kreativitas anak juga bisa terasah dengan mengikuti acara pembuatan kerajinan dari kertas daur ulang. Sedangkan di malam hari, mereka bisa saling berkenalan sambil menceritakan pengalaman menarik di
sekeliling kehangatan nyala api unggun. Selama 2 hari mengikuti semua acara tersebut, anak hanya ditemani para fasilitator. Biaya yang dipatok untuk mengikuti program ini adalah Rp 250.000 per anak.

* Paket Citarik Adventure
Seperti namanya, paket ini berlokasi di Citarik, Sukabumi dan
disediakan khusus bagi anak-anak usia 10-15 tahun. Anak bisa berarung jeram di sungainya atau mendaki bukit di sekitarnya. Mereka juga bisa mengikuti berbagai aktivitas lain seperti sepakbola lumpur, menanam padi, dan belajar memasak di kebun. Dengan biaya Rp 725.000 sampai Rp 925.000 selama 3-4 hari peserta akan menginap di tenda dan saung. Di sini anak bisa bermain outbound. Biaya Rp 100.000 per anak untuk
paket 1 hari. Customer service: Kaki Lintas Katulistiwa, Informasi lebih lanjut hubungi Caldera, Nariba Plaza, Blok D5, Jl. Mampang Prapatan Raya No. 39. Tlp. (021) 791 96633/44 dan 790 2801.


23. Aquatic Fantasy.
Arena permainan air khusus anak dengan puluhan jenis permainan. Mereka bisa memanjat, melompat, perang-perangan dalam air, berpetualang, bahkan betegur sapa dengan dewa laut Neptunus. Tarif masuk Rp 10.000. Alamat: Jl. Raya Muchtar, Sawangan, Depok.
Komplek Perumahan Real Estate Telaga Golf.
Telp. (021) 766 0390, 765 3854. Fax. (021) 766 0490.

24. Taman Nasional Gunung Halimun.
Anak bisa bertualang masuk-keluar hutan, melihat langsung satwa liar, dan bermain di air terjun.
Tersedia juga arena kemping dan tempat menginap.Tiket masuk sekitar Rp. 3.000 untuk anak-anak.
Alamat: JI. Raya Cipanas, Kabandungan. PO Box 2 Parung Kuda, Sukabumi. Telp. (0266) 621 256. Fax. (0266) 621 257.

25. Bayt AI-quran.
Ini adalah museum, sekaligus tempat menimba ilmu mengenai agama Islam,khususnya Al-quran. Tarif masuk Rp. 500 - Rp 1.000.Alamat: Jl. Raya TMII, Jakarta (Komplek TMII).
Telp. (021) 8416467/68 Fax. (021)841 6466

26. Taman Nasional Gunung Pantjar.
Selain piknik, anak bisa melakukan kegiatan menjaga kesehatan dan pemulihan kekuatan fisik seperti terapi akupunktur, air panas mineral. Alamat: Taman Nasional Gunung Pantjar, Bogor. Telp. (021) 917 3208

27. Safari Trek.
Masih dalam kawasan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, anak bisa merasakan dirinya menjadi pendaki gunung dan penjelajah alam bebas. Mereka pun bisa bertemu dan saling menyapa langsung dengan Gajah pekerja.Biaya Rp. 15.000 per orang.
Alamat: Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor-Jabar.
Telp (0251) 253 222.

28. Speedy Karting.
Sekolah gokart khusus anak dan tempat anak bermain olahraga gokart.Sewa gokart Rp. 45.000, sekolah gokart Rp. 1,5 juta.
Alamat:Tempat Hanggar Teras Pancoran, JI. Gatot Subroto Kav. 72, Jaksel. Telp. (021) 7918 4674.

29. Kampoeng Maen.
Ini adalah kampungnya anak untuk bermain. Biaya Rp.35.000.
Costumer Service: Jl. Mampang Prapatan Raya No. 39 Jaksel
Telp.(021)7919 6633, Fax: (021) 7919 6644.

30. Pusat Primata Schmutzer.
Di kawasan ini anak bisa melihat secara langsung kenekaragaman hewan primata, termasuk gorila. Tarif masuk mulai Rp.2000. Alamat: TamanMargasatwa Ragunan, JI. Harsono RM No. 1, Ragunan, Jakarta 12550.
Telp. (021) 780 6975, 789 0615. Fax. (021) 780 5280

31. Taman Lumut Cibodas

32. Marcopolo Water Adventure (Park)
lokasinya di Bukit Cimanggu City, Jl. KH Sholeh Iskandar, Jam Bukanya 07.00 - 20.00 Live Music hanya Sabtu & Minggu, Hanya 15 menit dari Tol Jagorawi, phone 0251.7536334 - 36 Fax. 0251.7536333. Tiket masuk nya Rp. 30.000,- tetapi tempat tidak seluas the JUNGLE BOGOR.

MUSEUM

Beberapa museum penting yang ada di kota Jakarta adalah:
1. Museum sejarah Jakarta, Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat
2. Museum Joang '45, Jl. Menteng Raya no. 31, Jakarta Pusat
3. Museum Wayang, Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat
4. Museum Seni Rupa dan Keramik, Jl. Pos Kota No. 2, Jakarta Barat
5. Museum Tekstil, Jl. KS Tubun No. 4, Jakarta Barat
Telepon & Faks : (021)5606613.

Catatan:Museum ini menarik karena memberikan kursus membatik pada semua kalangan baik anak maupun dewasa. Batikannya tidak serius-serius amat kok, paling cuma membuat sapu tangan dari batik, bisa jadi tambahan ilmu yang menarik buat anak-anak. Tapi kursus ini dibagi antara Tingkat Dasarteori, praktik: Molani, nglowongi, nerusi, mbironi & nglorod ) dan tingkat lanjutan: (teori dan praktik: ngiseni, nemboki, pencelupan, nglorod). Pokoknya biayanya Rp 150.000 untuk tingkat dasar dan another Rp 150.000 untuk lanjutan. Konfirmasi bisa ke Mis'ari (5606613/08129950644) 6. Museum Bahari, Jl. Pasar Ikan No. 1, Jakarta Utara. Cat: Disekitar museum ini ada berbagai toko cindera mata yang unik, seperti penjualan kerang atau peralatan nelayan.
Tidak jauh dari tempat itu ada restauran/ kafe galangan, yang dibuat dari bekas galangan kapal kuno. Anak-anak juga dapat diajak melihat kapal-kapal layar besar merapat, menarik sekali!

6. Museum Taman Prasasti, Jl. Tanah Abang I, Jakarta pusat
7. Gedung M.H . Thamrin, Jl. Kenari II/15, Jakarta Pusat
8. Museum Sumpah Pemuda, Jl. Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat
9. Museum Kebangkitan Nasional, Jl. Abdurachman Saleh No. 26, Jak-Pus
10. Museum Nasional, Jl. Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat
11. Monumen Nasional, Jl. Silang Monas, Jakarta Pusat
12. Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl. Imam Bonjol No. 1, Jak-Pus
13. Museum ABRI "Satriamandala", Jl. Jend. Gatot Subroto No. 14, JakSel
14. Museum Waspada Purbawisesa, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 16, Jak-sel
15. Museum Ahmad Yani "Sasmitaloka", Jl. Lembang No. 58, Jakarta Pusat
16. Monumen Pancasila Sakti, Jl. Raya Pondok Gede Lubang Buaya, Jak- Tim
17. Museum TNI AU "Dirgantara Mandala", Jl. Jend. Gatot Subroto No.27, Jak-Sel
18. Museum TNI AL "Loka Jala Srana", Cilangkap, Jakarta Timur
19. Museum POLRI, Jl. Trunojoyo No. 1, Jakarta Selatan
20. Museum Keprajuritan Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah
21. Museum Perangko Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah
22. Museum Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah
23. Museum Asmat, Taman Mini Indonesia Indah
24. Museum Fauna Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah
25. Museum Olah Raga, Taman Mini Indonesia Indah
26. Museum Purnabhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah
27. Museum Minyak dan Gas Bumi, "Graha Widya Patra" Taman Mini Indonesia Indah
28. Museum Telekomunikasi, Taman Mini Indonesia Indah
29. Museum Istana Kepresidenan "Puri Bhakti Renatama", Jl. VeteranNo.16,Jakarta Pusat
30. Museum Manggala Wanabhakti, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jak-Sel
31. Museum Adam Malik, Jl. Diponegoro No. 29, Jakarta Pusat
32. Museum Serangga, Taman Mini Indonesia Indah
33. Museum Pusaka, Taman Mini Indonesia Indah
34. Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah
35. Bentara Budaya Jakarta, Jl. Palmerah Selatan No. 17, Jakarta Barat
36. Tosan Aji Jl. Kwitang, Jakarta Pusat
37. Pra Museum Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara
38. Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan (UPH) seluas 400 meter persegi yang berlokasi di lantai III Menara Matahari,
39. Museum Bahari.Anak bisa melihat miniatur kapal tradisional Indonesia yang membawa harum nama Bangsa Indonesia, Phinisi Nusantara. Buka dari Selasa-Minggu, tariff masuk Rp. 2.000 untuk umum.
Alamat: Museum Bahari, Jl. Pasar Ikan No. 1
Jakarta Utara (Daerah Sunda Kelapa).

MONUMEN NASIONAL JAKARTA ( MONAS ) Jln. Silang Monas No. 1 Jakarta Pusat Telpon 021 - 6902387 Dibuka secara resmi oleh Gubernur KDKI
Jakarta Ali Sadikin tanggal 30 Maret 1974

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Komentar Anda
U Comment ... I Follow
Berikan komentar anda dalam bentuk Saran/Kritik.
Sedikit atau banyak komentar anda, Penulis akan Following ke URL anda.
Lengkapi URL/identitas anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More